Berita Produk Sekretariat Registrasi Konsul
Cara Membuat Kopi Arabika

13 Step Cara Membuat Kopi Arabika Yang Benar

13 Step Cara Membuat Kopi Arabika Yang Benar

Banyak dari kita mengasosiasikan kopi dengan pagi hari. Di mana pun Anda berada di dunia, Anda akan menemukan orang-orang yang menantikan untuk menikmati secangkir kopi nikmat di pagi hari. Bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang bekerja di kantoran.

Biji kopi arabika dikenal sebagai kopi dengan rasa yang lebih baik. Ada dua spesies utama kopi yang ditanam untuk dijual di pasaran, Robusta dan Arabika. Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika ini jelas cukup jauh dari sisi rasa dan kualitas apalagi harga.

Nusantara Coffee menyediakan kopi Arabika yang halus dan enak dengan metode pengolahan kopi pasca panen yang menghasilkan kopi berkualitas no 1, sementara cangkir kopi yang kurang enak ditenggorakan yang pernah Anda minum mungkin berasal dari teko kopi Robusta pahit yang sudah dingin.

Sebagian besar toko kopi dan teh spesial hanya menjual kopi dan kacang Arabika. Di sisi lain, perusahaan komersial besar menjual biji kopi Robusta, atau kombinasi dari kedua jenis biji kopi. Hal ini karena mereka lebih murah untuk grosir dan selanjutnya lebih murah untuk Anda konsumen.

Cara Membuat Kopi Arabika
Cara Membuat Kopi Arabika

Biji kopi arabika memberikan rasa kopi yang lebih kuat, dan sebenarnya memiliki lebih sedikit kafein dibandingkan dengan biji kopi robusta. Harganya sedikit lebih mahal, tetapi jauh lebih memuaskan.

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang cara membuat kopi arabika yang nikmat buat menemani temen-temen anggota beraktifitas dipagi hari.

Sebelumnya ada informasi yang sedikit mengagetkan nih lur, ternyata meminum kopi nikmat ini sempat di larang di beberapa negara lur, Pada tahun 1511, kopi pertama kali dilarang di Mekah karena para ulama menganggap bahwa kopi dapat merangsang pikiran-pikiran radikal.

Baca Faktanya Disini:

7 Fakta unik tentang kopi. Sempat diharamkan di beberapa negara

Bahan Untuk Membuat Kopi Arabika Nikmat

  • Biji Arabika sangrai – Anda bisa mendapatkan biji sangrai utuh dan menggilingnya sendiri. Atau, Anda bisa mendapatkan kacang panggang giling untuk menghemat kerja keras.
  • Rempah-rempah – Kapulaga adalah aditif tradisional yang akan memberikan kopi Arabika Anda lebih banyak rasa. Anda juga bisa menggunakan bumbu dan perasa lain seperti cengkeh, kunyit, dan air mineral mawar. Anda bahkan mungkin dapat mencampur rempah-rempah ini dalam teko kopi untuk campuran rasa yang lebih kaya.
  • Air – Gunakan air berkualitas tinggi untuk mengukus kopi dan rempah-rempah.
BACA JUGA:  Ulang Tahun Bersama AABI DAC Kab. Gresik
Cara Membuat Kopi Arabika
Cara Membuat Kopi Arabika

Langkah-langkah Cara Membuat Kopi Arabika Yang Nikmat:

  1. Ukur volume kopi dan air. Biasanya, rasionya harus satu sendok makan kopi per satu cangkir air. Jika Anda menambahkan kapulaga, jumlahnya harus satu bagian untuk setiap tiga bagian kopi.
  2. Giling biji kopi yang sudah direbus dengan kasar menggunakan penggiling kopi. Anda bisa menggiling kapulaga bersama dengan kopinya. Saat espresso sudah digiling, kapulaga bisa digerus menggunakan lesung dan alu.
  3. Masukkan jumlah air yang diinginkan ke dalam dallah. Panaskan sampai mendidih.
  4. Saat air mulai mendidih, Anda sekarang dapat menambahkan kopi bubuk dan kapulaga jika sudah digiling ke dalam biji kopi. Kapulaga juga dapat ditambahkan kemudian jika dihancurkan secara terpisah.
  5. Panaskan air, kopi dan kapulaga selama kurang lebih sepuluh sampai dua belas menit.
  6. Tambahkan kapulaga yang sudah dihaluskan jika belum ditambah kopi. Anda juga bisa menambahkan cengkeh ke dalam campuran mendidih.
  7. Aduk campuran sekali dan biarkan mendidih selama lima menit lagi.
  8. Saat masih merebus kopi, Anda harus memanaskan terlebih dahulu termos menggunakan air mendidih. Air harus dikeluarkan terlebih dahulu sebelum kopi dipindahkan ke dalam labu.
  9. Angkat dallah setelah lima menit mendidih.
  10. Biarkan ampas kopi mengendap terlebih dahulu ke dasar sebelum dipindahkan ke labu. Jangan mencampur campuran.
  11. Kosongkan termos. Anda dapat memasukkan satu sendok teh air mawar dan juga sejumput kunyit ke dalam labu kosong jika diinginkan.
  12. Tuang kopi rebus melalui saringan ke dalam labu. Bubuk kopi yang tersisa dan bangkai rempah-rempah akan ditangkap oleh saringan.
  13. Biarkan kopi meresap sekitar lima hingga dua puluh menit sebelum disajikan
    Cobalah kopi arabika spesial kami untuk melihat seberapa enak rasanya kopi arabika.
BACA JUGA:  Tanaman Porang. Investasi Yang Menguntungkan.
Cara Membuat Kopi Arabika
Cara Membuat Kopi Arabika

Baca Juga:

TEMAN’S NGOPI : Bukan Sekedar Ngopi dan Nongkrong

Cukup mudah yah lur cara membuat kopi arabika yang nikmat untuk menemani aktifitas kita sehari-hari, terutama saat dipagi hari menjelang berangkat ke kantor.

Untuk trik mengenai dunia perkopian atau tentang Coffee Shop Network bisa kita lihat-lihat pada situs resminya Nusantara Coffee nih lur, link nya sudah di share pada paragraf awal yah.

Semoga membantu lur….

Team Support Agus Agus Bersaudara Indonesia Siap Membantu Anda, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami