Berita Produk Sekretariat Registrasi Konsul
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

4 Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

4 Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Praktik terbaik Belajar SEO Untuk Pemula adalah memahami penting nya sebuah SEO, Pengoptimalan Mesin Pencari Situs Web (SEO) dulunya merupakan cara untuk mendapatkan keuntungan dalam peringkat mesin pencari. Tetapi karena semakin banyak pemilik situs web yang menyadari pentingnya SEO, sekarang ini menjadi alat yang diperlukan. Jika Anda ingin situs Anda ditemukan, Anda harus mengikuti pesaing Anda.

Rank Math akan meminta koneksi ke akun Google Search Console. Jika situs web Anda belum terhubung ke Google Search Console, kita harus membuat akun google search console terlebih dahulu sebelum menginstall plugin ini.

Banyak cara untuk pengoptimalan Rating Website sebuah situs, seperti kebanyakan situs web yang telah berhasil masuk kedalam Page Rank Google, itu semua berkat SEO yang di optimalkan dengan baik.

Lalu Bagaimana Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath ?

1. Install RankMath SEO Plugin

Plugin SEO RankMath diciptakan untuk membantu memaksimalkan SEO On-Page situs anda, namun kekuatan konten masih menjadi prioritas untuk bisa masuk ke halaman 1 google, ada banyak contoh artikel yang bisa kita pelajari agar kekuatan konten kita mampu bersaing di google SERP

Untuk cara instalasi plugin ini anda masuk ke panel admin WordPress Anda.

Di navigasi kolom kiri, arahkan mouse ke tautan “Plugin” dan klik tautan “Tambah Baru”.

image
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Di kotak “Cari plugin …”, masukkan, “Rank Math.”

image 1
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Ketika Anda sudah menemukan plugin, klik tombol “Instal Sekarang”.

image 2
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Sekarang plugin sudah terpasang, tetapi harus diaktifkan sebelum Anda dapat menggunakannya.

Klik tombol “Aktifkan”

image 3
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

2. Menghubungkan dan Mengonfigurasi Plugin SEO RankMath

Saat Anda mengaktifkan plugin, Anda akan dibawa ke halaman yang meminta Anda untuk menghubungkan situs Anda ke Rank Math. Menghubungkan bukanlah persyaratan untuk menggunakan plugin, tetapi untuk tutorial ini, kami akan membuat koneksi.

Jadi, saya akan mengklik tombol “Hubungkan Akun Anda”.

image 4
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Jika saat ini Anda menggunakan plugin SEO WordPress lainnya, Rank Math akan menanyakan apakah Anda ingin mengimpor pengaturan yang ada. Lakukan! Ini untuk menghemat waktu migrasi dari plugin SEO lain, dan Anda tidak perlu kembali dan menerapkan pengaturan ke posting lama. Rank Math akan secara otomatis memperbaiki banyak masalah yang mungkin disebabkan oleh plugin SEO Anda saat ini. Bahkan jika Anda tidak menyadari masalah apa pun. 😉.

BACA JUGA:  Agus Halim (GUSHALL)

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jalur penyiapan. Opsi saat ini adalah “Mudah” dan “Lanjutan.”

Jika Anda memilih pengaturan Mudah, opsi lanjutan akan tetap tersedia nanti dalam konfigurasi plugin.

Untuk tutorial ini, kita akan menyelam lebih dalam dengan memilih opsi Advanced.

Jadi, saya akan memeriksa “Lanjutan” dan klik tombol “Mulai Wizard”.

image 5
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Mengonfigurasi Informasi Situs Web Anda

Di sinilah Anda memberi tahu Rank Math tentang situs Anda dan mengunggah gambar untuk Google dan berbagi sosial.

  • Blog Saya adalah… – Pilih deskripsi yang paling cocok dengan isi situs web Anda. Ini penting dalam SEO karena jenis skema yang berbeda digunakan untuk subjek yang berbeda. Saya akan meninggalkan set ini ke “Blog Pribadi”.
  • Logo untuk Google – Jika Anda memiliki logo situs, unggah di sini. Jika itu adalah situs web pribadi, foto Anda juga sesuai. Gambar persegi lebih disukai, tetapi tidak wajib. Namun, mesin telusur yang menampilkan kotak dapat memotong gambar Anda jika tidak.
  • Gambar Berbagi Sosial Default – Ini adalah gambar yang dibagikan Facebook akan digunakan secara default. (Situs sosial lain yang menggunakan metadata Grafik Terbuka juga akan menggunakannya.) Dimensi yang disarankan adalah untuk persegi panjang, jadi itulah yang akan saya unggah. Meskipun lebih biasanya, Anda akan melihat berbagi gambar di Facebook sebagai kotak. Sekali lagi, untuk situs bisnis, Anda akan menginginkan sesuatu yang menyertakan logo Anda.
image 6
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Setelah selesai, klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.

image 7
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Menghubungkan Rank Math ke Google Search Console
Rank Math merekomendasikan untuk terhubung ke Google Search console. Ini bukan persyaratan, tetapi akan sangat meningkatkan apa yang bisa dilakukan plugin. Jadi mari kita mengaturnya.

Klik tombol “Dapatkan Kode Otorisasi”.

image 8

Jendela popup akan terbuka, meminta Anda untuk masuk ke akun Google Anda.

Setelah Anda terhubung, sebuah kode akan ditampilkan di jendela popup. Salin dan tempel ke bidang “Search Console” di Rank Math.

image 9

Jika Anda memiliki lebih dari satu situs web yang terhubung ke Search Console, pilih situs yang Anda siapkan dari tarik-turun.

image 10

Klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.

Pengaturan Peta Situs

Peta Situs membantu mesin telusur menemukan dan memahami konten situs Anda. Mereka adalah unsur penting dalam upaya SEO Anda.

  • Peta Situs – Kontrol ini mengaktifkan atau menonaktifkan peta situs. Opsi harus aktif secara default. Jika sakelar sakelar berwarna biru, Anda siap melakukannya.
  • Sertakan Gambar – Ini mengontrol apakah gambar di postingan dan halaman Anda disertakan dalam peta situs. Bagi kebanyakan dari kita, kita ingin menyertakan gambar. Ini meningkatkan jumlah cara situs dapat ditemukan. Namun, tidak mutlak perlu menyertakan gambar. Jika Anda lebih suka tidak menyertakan gambar di situs Anda, matikan opsi ini.
  • Jenis Postingan Publik – Ini memungkinkan Anda mengontrol jenis posting dan halaman mana yang termasuk dalam peta situs Anda. Jika Anda memiliki jenis posting khusus, mereka akan muncul di sini. Jika Anda menggunakan jenis posting untuk konten yang tidak bersifat publik (paywall atau dilindungi kata sandi), batalkan pilihan di sini.
  • Taksonomi Publik – Taksonomi adalah kategori dan tag. Sama seperti opsi Jenis Posting, Anda ingin membatalkan pilihan taksonomi non-publik.
image 11
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Setelah selesai, klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.

BACA JUGA:  MLOKO SEWU, Wisata yang Ngehits dan Kekinian

Pengaturan SEO Tweak

Ini adalah pengaturan yang akan diterapkan pada konten artikel dan halaman Anda.

  • Kategori Kosong Noindex dan Arsip Tag – Ini mencegah kategori dan taksonomi kosong ditambahkan ke peta situs Anda. Biarkan saja, karena kategori peta situs yang kosong dapat dilihat oleh mesin pencari sebagai faktor negatif.
  • Tautan Eksternal Nofollow – Ini tidak aktif secara default, mungkin karena WordPress secara otomatis tidak mengikuti tautan di komentar. Tautan tidak mengikuti adalah konsep yang sederhana, tetapi subjek yang agak rumit dengan sudut pandang yang berbeda. Untuk sebagian besar situs web, saya tidak akan merekomendasikan menambahkan nofollow ke semua tautan keluar Anda. Jadi tinggalkan opsi ini kecuali Anda memiliki alasan kuat untuk (atau pendapat tentang) menggunakannya.
  • Buka Tautan Eksternal di Tab/Jendela Baru – Apakah mengeklik tautan Anda mencakup tab atau jendela peramban baru adalah pilihan pribadi. Ribuan tahun yang lalu, dianggap tidak sopan untuk memaksakan sesuatu terjadi pada komputer atau perangkat pengunjung. Tapi sekarang jauh lebih diterima. Dan membuka tautan eksternal di tab baru membuat pengunjung di situs Anda tetap berada di tab asli. Membuat mereka lebih mungkin melanjutkan di situs Anda setelah mengunjungi tautan eksternal.
image 12
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Perlu dicatat bahwa opsi tautan tidak mengubah konten Anda yang sudah ada. Mereka dimasukkan “dengan cepat” saat halaman dirender. Jadi keputusan yang Anda buat di sini mudah diubah.

Klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.

Itulah akhir dari wizard pengaturan. Anda dapat kembali ke pengaturan yang Anda buat di dalamnya kapan saja. Cukup buka Rank Math > Setup Wizard di dasbor admin WordPress Anda.

3. Analisis SEO Harus Menjadi Perhentian Pertama Anda Setelah Pengaturan

Ada banyak opsi dan penyesuaian konfigurasi lain yang tidak dapat dibahas secara memadai oleh tutorial ini. anda harus meluangkan waktu untuk menyelidiki semua opsi dan pengaturan Rank Math. secara manual setelah proses installasi

Tetapi menu yang cukup membantu untuk memulai adalah dengan analisis SEO, yang dilakukan dengan sangat baik oleh Rank Math.

Di navigasi kolom kiri, arahkan mouse ke tautan “Peringkat Matematika” dan klik tautan “Analisis SEO”.

image 13

Klik tombol “Mulai Analisis Seluruh Situs”.

image 14
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Hasil analisis ditampilkan dalam grafik dengan rincian di bawah ini.

image 15
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Dari hasil analysis SEO RankMath anda bisa melakukan konfigurasi atau settingan ulang secara menual dengan panduan SEO analysis yang telah dihasilkan dari tools ini. seperti warning, failed test dll

image 16

Untuk kasus kegagalan dan peringatan, Rank Math telah memberikan tip untuk memperbaiki masalah yang terjadi di situs anda. dilihat dari laporan yang ada, disana anda bisa cek satu demi satu masalah yang terjadi saat plugin SEO ini di install.

image 17
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

4. Sekilas tentang Rank Math in Action

Selain menganalisis situs Anda dan membantu Anda meningkatkannya, Rank Math juga berfungsi di editor WordPress. Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah skor di kanan atas editor.

BACA JUGA:  "AGUS" Dalam Kegiatan Rakernas III dan HUT AABI Ke 4 Tahun 2019

Saya menggunakan editor Gutenberg. Jika Anda masih menggunakan editor WordPress “klasik”, mungkin sedikit akan terlihat berbeda.

image 18
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Untuk sample sebuah artikel Hello World dengan skor 7 dari 100 yang ditargetkan, ini artinya anda harus bisa mencapai skor yang maksimal sesuai dengan pengaturan yang ada dalam plugin RankMath

Untuk mengetahui apa saja yang harus kita lakukan dalam memperbaiki Skor SEO artikel kita klik tombol Skor dan anda akan dipandu beberapa list yang harus anda sesuaikan, seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath
Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda Dengan SEO RankMath

Ini membuka analisis posting tunggal yang mirip dengan apa yang kami lihat dalam analisis seluruh situs. Dan seperti analisis seluruh situs, ada banyak tip untuk meningkatkan SEO untuk artikel atau halaman Anda.

Dari gambar diatas terlihat beberpa list merah yang harus anda perbaiki sampai berwarna hijau, sesuaikan dengan apa yang telah menjadi panduan SEO rankmath maka artikel anda akan mampu bersaing di Google SERP.

Apa yang Terjadi jika Anda Menghapus Plugin Rank Math

Jika Anda menghapus plugin:

  • Semua “on the fly” mengubah plugin yang dibuat saat halaman Anda dirender akan berhenti.
  • Peta situs Anda tidak akan diperbarui lagi.
  • Alat plugin yang tersedia saat membuat atau mengedit postingan tidak akan tersedia lagi.
  • Peringkat mesin pencari Anda mungkin menderita.
  • Plugin membuat tabel database yang tidak dihapus saat plugin dihapus. Jika Anda ingin menghapusnya, cari tabel dengan awalan “rank_math_”.

Masalah di atas adalah apa yang saya temukan selama penggunaan dan pengujian mengginakan plugin ini. Mungkin ada masalah lain yang tidak terungkap dalam pengujian saya.

KESIMPULAN

Membangun sebuah situs bukan berarti setelah selesai masa pembuatan kemudian kita biarkan begitu saja, Untuk menjadikan situs web kita mampu bersaing dengan kompetitor, plugin SEO sangat penting untuk dipelajari dan cara menggunakannya secara benar. sebagai salah satu cara mengoptimalkan situs web kita.

Memang tidak mudah pengaplikasian sebuah SEO, apalagi untuk para pemula yang masih dalam proses belajar, ada banyak cara simpel dalam mengoptimasi sebuah website mungkin salah satunya adalah dengan mempercayakan kepada Jasa Pembuatan Website sekaligus Jasa SEO yang sudah anda percaya

Jika anda masih bingung cara menggunakan Plugin SEO RankMath untuk pengoptimalan situs web anda bisa mengunjungi Situs Rating Website di halaman Belajar SEO sebagai situs online untuk belajar SEO basic bagi Pemula. atau bisa menghubungi di kontak Whatsapp 081212927351

Semoga membantu yah Lur..

Team Support Agus Agus Bersaudara Indonesia Siap Membantu Anda, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami