AABI DAC Ponorogo Peduli Pariwisata Nasional
Kopdar Santai Telaga Ngebel Ponorogo

By Nug. Agus 18 Mar 2018, 18:45:30 WIB Kegiatan DAC
AABI DAC Ponorogo Peduli Pariwisata Nasional

Keterangan Gambar : Suasana santai agus DAC Ponorogo dalam kopdar di Telaga Ngebel


PONOROGO. AGUS.OR.ID. Minggu tanggal 7 Januari 2018, AABI DAC Ponorogo menggelar kopdar santai dengan mengambil lokasi dipinggir telaga, dibawah rindangnya pepohanan, dan sejuknya udara Telaga Ngebel Ponorogo. Dengan hanya beralaskan tikar, hidangan sederhana dan aneka gorengan tercipta suasana penuh keakraban dan kekeluargaan.

AABI DAC Ponorogo sengaja menggelar kopdar santai di Telaga Ngebel untuk mengenalkan komunitas ini dikalangan masyarakat Ponorogo dan sekaligus ikut membantu mempromosikan potensi parawisata yang sangat menarik ini.

Telaga Ngebel

Telaga yang terletak di desa Ngebel, kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini berada di kaki gunung Wilis berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Ponorogo, suhu berkisar 20-26 derajat celcius. Panorama alam yang eksotis hadir disetiap sudut lokasi yang masih terlihat sangat alami.

Ditepi telaga banyak dijumpai rumah makan yang menyajikan hidangan dengan menu ikan air tawar. Bagi yang ingin menikmati susana senja hingga malam harinya, tersedia juga beberapa penginapan di tepi telaga dengan harga terjangkau. Sayangnya belum terlihat sarana hotel ataupun resort yang lebih representatif untuk dapat dimanfaat berbagai kegiatan gethering atau konsinyering instansi pemerintah dan swasta.

Pada titik lokasi tertentu dalam perjalanan memutar arah pintu keluar, bagi wisatawan yang sebelumnya pernah membaca cerita mistis seputar telaga ngebel mungkin akan merasakan suasana yang sedikit berbeda. Setidaknya itu yang diceritakan langsung oleh Agus Wahyu Purnomo, salah seorang anggota AABI DAC Madiun Raya yang hadir dalam kopdar santai.

Legenda Telaga Ngebel

Dikutip dari laman Wikipedia, Telaga Ngebel dihubungkan dengan kisah seekor ular naga bernama “Baru Klinting“. Ular tersebut merupakan jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin. Kala itu Sang patih sedang bermeditasi dengan wujud ular, dan secara tak sengaja ada seorang warga yang membawa ular jelmaan tersebut ke desa.[1]

Sesampainya di desa, ular jelmaan tersebut hendak dijadikan makanan karena ukuran tubuhnya yang besar. Sebelum dipotong ular tersebut secara ajaib menjelma menjadi anak kecil, yang kemudian mendatangi masyarakat dan memutuskan membuat sayembara.

Sang bocah kemudian menancapkan lidi di tanah, versi yang lainnya menyebutkan bahwa yang ditancapkan adalah centong nasi. Namun tidak ada yang berhasil mencabutnya. Bocah ajaib itulah yang berhasil mencabutnya. Dari lubang bekas ditancapkannya lidi atau centong tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang hingga membentuk sebuah Telaga. Oleh penduduk desa sekitarnya, telaga tersebut diberi nama telaga Ngebel, artinya telaga yang mengeluarkan bau menyengat.

Legenda Telaga Ngebel ini konon terkait erat dan memiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Konon salah seorang pendiri Kabupaten ini yakni Batoro Kantong. Sebelum melakukan syiar Islam di Kabupaten Ponorogo, Batoro menyucikan diri terlebih dahulu di mata air, yang ada di dekat Telaga Ngebel yang kini dikenal sebagai Kucur Batoro.

AABI sebagai komunitas dengan anggota yang tersebar diseluruh Indonesia berkomitmen berperan aktif membantu pemerintah baik pusat maupun daerah, ikut mempromosikan keindahan alam, pariwisata, seni, budaya dan kearifan budaya nusantara agar lebih lestari dan dikenal masyarakat luas. Demikian disampikan Agus Prasetyo Mei bendahara AABI DAC Ponorogo kepada redaksi agus.or.id.

(Gus Nug)

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Gus Chiko 07 Apr 2018, 13:04:49 WIB

    sippp
    jaya AABI, AABI Jaya

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Pillow indonesia

    wih kreatif, kalau boleh tanya, semisalkan saya tertarik, itu bantal karakter isinya apa ya? pakai ...

    View Article
  • Agus supriyanto

    Bagus buat ref liburan ini cak ...

    View Article
  • DianceAGUStianSasongko

    Salam Sungkem Saya Sekeluarga, Semoga Sejahtera Senantiasa Sehat Serta Sukses Selalu. ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video