Ramadhan Mubarak, AABI DAD Jawa Timur Peduli dan Berbagi

0 222

SURABAYA. AGUS.OR.ID.  Ramadhan bulan penuh berkah, berbagai kegiatan ibadah intensitasnya semakin meningkat. Khas di bulan ramadhan, banyak elemen masyarakat mengisi bulan suci ini selain meningkatkan ibadah di masjid-masjid, berbagi takjil dan santunan kepada anak yatim piatu dan dhuafa juga sangat marak.

Agus-Agus yang tergabung AABI DAD Jatim juga tidak ketinggalan. Dari laporan koresponden dan pantauan laman facebook terlihat aktifitas kegiatan dilakukan oleh DAC Madiun Raya, DAC Gresik, DAC Gerbangkertosusila, DAC Ponorogo, DAC Tulungagung dan DAC Malang Raya.

DAC Madiun Raya

Agus Susanto (Gus Anto), Wakil Ketua DAC Madiun Raya melaporkan acara berbagi takjil dan buka bersama DAC Madiun Raya dilakukan pada hari Minggu sore tanggal 19 Mei 2019 berjalan dengan lancar.

Mewakili Pengurus, Gus Anto mengucapkan terimakasih atas donasi yang diberikan oleh Aguser Madiun Raya. Acara bagi takjil yang disiapkan panitia sejumlah 500 bungkus ludes dalam waktu kurang dari 15 menit.

Kegiatan bagi takjil ini sempat membuat arus lalulintas disekitar alun alun Caruban dari dua arah sempat tersendat. Bagi takjil paling fenomena di Caruban karena di bagikan oleh komunitas nama Agus yang sungguh jarang terjadi di Caruban. Kigiatan ini biasanya dibagikan oleh para pendekar pencak silat, pelajar, mahasiswa dan komunitas lainnya.

Setelah bagi takjil, acara dilanjutkan dengan buka bersama “BUKBER” bertempat di Alun Alun Caruban dengan suasana harmony yang santai penuh dengan canda ria. Tidak lupa selfi sana sini yang mana suasana Alun Alun Caruban  memang bersahabat, langit cerah, juga pemandangan yang mengagumkan. Duduk diantara rerumputan sambil melihat lihat sekitar PUPEM Kab. Madiun. Kumandang adzan Maghrib menbuyarkan senda gurau sambil menikmati menu bukber yang disediakan oleh panitia.

Menu bukber yang disediakan ini special disiapkan, dimasak, disajikan oleh Gus Ragil dari Caruban yang sehari hari berdagang kuliner menu Penyetan PUTRA RAGIL CARUBAN yang berlokasi dijalan A. Yani Utara Polsek Mejayan dan disebelah barat Alun Alun Caruban.

Acara Bukber di lajutkan dengan musyawarah AABI DAC Madiun Raya membahas acara halal bihalal yang diputuskan akan dilangsungkan di rumah Gus ABC pada tanggal 16 Juni 2019 jam 10.00 WIB.

Kegiatan Bukber kali ini kedatangan tamu special Gus Dani dan Gus Yad dari DAP AABI, kunjungan tamu sekaligus terapi kesehatan dari Agus Danis (Gus Bekam) dari DAC Kediri Raya dan dilanjutkan bekam di rumah Gus Anto.

Acara terapi kesehatan di ikuti oleh Aguser Madiun Raya sampai jam 3 pagi waktu saur Caruban. Semoga acara Bagi Takjil, Bukber, Musyawarah dan terapi kesehatan ini mendapatkan barokah dari Alloh SWT. Salam Brotherhood in Harmony. Demikian disampaikan Gus Anto untuk agus.or.id.

DAC Kabupaten Gresik

Agus Zamhari (Gus Zam), Sekretaris DAC Kab. Gresik melaporkan acara berbagi takjil Ramdhan 1440H dan buka bersama DAC Kab. Gresik dilakukan pada hari Minggu sore tanggal 19 Mei 2019 berjalan dengan lancar.

Kegiatan ini masuk agenda kegiatan rutin tiap tahun selain kegiatan  Aksi Sosial Donor Darah yang diadakan tiap tiga bulan sekali. Semoga kegiatan ini nantinya bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan oleh para Pengurus DAC Kabupaten Gresik.

Kegiatan berbagi takjil tahun ini banyak peningkatan dibanding tahun 1439H kemarin. Partisipasi  dari anggota AABI Kebupaten Gresik sangat menggembirakan, terlebih banyaknya sumbangan berupa kurang lebih 1000 nasi bungkus/kotak.  Pasa saat pelaksanaanpun terus berdatangan spontanitas anggota. Selain itu juga terkumpul uang  tunai lebih kurang 1 juta rupiah untuk menambah kas dan masuk kedalam rekening AABI DAC Kebupaten Gresik.

Gus Zam juga melaporkan, pada bulan Syawal 1440H nanti Insyah Allah akan diadakan sHalal Bu Halal, orang Gresik bilang Syawalan. Kegiatan ini akan dilakukan 3 minggu setelah lebaran. Demikian disampaikan Gus Zam untuk agus.or.id.

DAC Gerbangkertosusila

Dirangkum dari berbagai laman Facebook dan postingan di Group WhatsApp Agus-Agus anggota DAC Gerbangkertosusila, kegiatan berbagi takjil Ramdhan 1440H dilakukan pada hari Minggu tanggal 19 Mei 2019 di Jalan Jenggolo (bawah flyover) Sidoarjo. Acara dilanjutkan dengan buka bersama. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar penuh harmony.

DAC Ponorogo

Kegiatan Salam Ramadhan 1440H AABI DAC Ponorogo kali ini mengambil tema “Bahagia dengan Berbagi. Berbagi Ceria bersama anak Yatim Piatu dan Dhuafa”.

Berbeda dengan kegiatan Salam Ramadhan 2 tahun sebelumnya, acara yang dilaksanakan hari Minggu tanggal 26 Mei 2019 ini sepenuhnya dipusatkan di alamat sekretariat Yayasan Al-Kahfi Jalan Bataro Katong 191 Ponorogo.

Konsep dasarnya adalah tidak sekedar eforia, spontan dan guyup diantara anggota AABI yang harmony, dan yang paling penting bagaimana dapat memberi manfaat kepada sesama. Keceriaan anak-anak Yatim Piatu dan Dhuafa, adalah kebahagiaan Agus-Agus DAC Ponorogo.

Acara dimulai tepat adzan Ashar berkumandang, sholat Ashar pun dilakukan berjamaah. Tak kenal maka tak sayang, maka baik dari AABI DAC Ponorogo dan Yayasan Al-Kahfi saling memperkenalkan diri dan saling memberikan informasi program kegiatan masing-masing. Sambutan DAC Ponorogo diwakili oleh Agus Heru Budiyono (Gus AH) selaku Sekretaris DAC, dan dari Al Kahfi sambutan diwakili oleh mas Taufik Hidayat.

Selanjutnya untuk anak-anak usia SMP dan SMA sebanyak 10 orang membentuk kelompok sendiri dan menerima pelatihan membuat kerajinan tangan berupa bros dari bahan manik-manik. Selain anak-anak Al Kahfi, perlatihan dengan instruktur Ibu Gus Nug ini juga di ikuti oleh beberapa Agustina dan bu Agus lainnya.

Tiba saatnya pada sesi game, kuiz, dan motivasi, keceriaan anak-anak pun pecah. Semua bergembira dan spontan berani tanpa ragu tampil kedepan mengikuti games dan kuiz yang sudah dipersiapkan panitia. Games dipandu secara bergantian oleh Gus Nug, Gus Criping, dan Gus Dhani. Souvenir berupa kotak tempat makan dan berbagai mainan yang menarik lainnya sebagai hadiah menambah kebahagian anak-anak.

Sebelum acara buka bersama, AABI DAC Ponorogo memberikan donasi kepada Yayasan dan santunan uang tunai dalam amplop berlogo AABI yang diterima langsung oleh 43 orang anak yang hadir. Untuk anak-anak yang berhalangan, 17 amplop santunan di berikan dan dititipkan kepada pengurus yayasan. Untuk Yayasan Al-Kahfi diberikan juga paket buku berserta alat tulis, serta beras dari salah satu Agus DAC Madiun Raya.

Anggota AABI yang hadir ikut larut dalam kegembiraan dan berkesempatan memberikan secara langsung kepada anak-anak berupa souvenir dan santunan.

Kepada perwakilan DAP AABI yang hadir, Gus Yad  (Humas) dan Gus Dhani (bidang organisasi) diberikan kenang-kenangan berupa satu set pakaian “Panadon”, pakaian khas Ponorogo dan cincin berbatu akik.

Mewakili DAC Ponorogo, Kenang-kenangan diberikan oleh Agus Prasetyo Mei (Gus Pecel), sedangkan Agus Miswanto (Gus Criping) membantu memberikan uraian penjelasan makna di balik pakaian Panadon tersebut.

Acara di Al Kahfi ditutup dengan sholat maghrib berjamaah dan bersalam-salaman.

Setelah Sholat Taraweh berjamaah di masjid terdekat, Agus-Agus kembali berkumpul di Rumah Makan Lavender Chinese Food milik Agus Setiawan (Gus Lavender). Sendau gurau sambil menikmati berbagai makanan dan minuman, dilanjutkan dengan acara Bekam dan Bio Electric oleh Agus Danis dari Nganjuk sampai dengan pukul 01.00 WIB (Gus Nug).

DAC Tulungagung

Semangat untuk berbagi antar sesama dan membantu warga yang susah sepertinya terus menjadi tren group medsos dan komunitas di Tulungagung.  Tak mau ketinggalan berbagi di bulan Ramadan 1440H, Sabtu 26 Mei 2019 AABI DAC Tulungagung menggelar bagi-bagi takjil, bertempat di jalan Ki Mangun Sarkoro tepat di depan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung.

Puluhan Aguser Tulungagung membagikan 500 bingkisan. Keakraban anggota dan rasa persaudaran yang kuat mendasari terselenggaranya bagi takjil tahun ini. Sekitar 30 anggota aguser DAC Tulungagung iuran seiklasnya untuk membeli bingkisan yang di bagikan.

Antusias dan keceriaan pengguna jalan yang menerima takjil tampak begitu senang, baik pengendara roda dua dan roda empat tanpa dibedakan menerima paket takjil satu persatu.

“Senang, saya dapat tiga bungkus paket ini untuk saya (sopir) dan dua kuli saya,” kata Mastur warga Trenggalek yang sedang melintas pulang kerja

Sementara, Husna (27) juga tampak riang dan bahkan berhenti untuk meminta foto shelfie dengan komunitas Agus Agus di Tulungagung. “Alhamdulillah, senang tapi boleh ya minta shelfie dulu. Ini anak saya juga minta di foto, mau saya kirim ke suami saya di seberang,” pungkasnya.

Keseruan ini tidak cukup di jalanan setelah giat bagi takjil, Aguser DAC Tulungagung lanjut keceriaan buka puasa bersama di tepian sungai Ngowo, atau orang Tulungagung menyebutnya Pinka. Pinggir kali. Secangkir kopi sejuta inpirasi berjuta saudara. Demikian disampaikan Gus Brewok untuk agus.or.id

DAC Malang Raya

Tidak mau ketinggalan dengan saudara lainya, Agus Beken, Ketua DAC Malang Raya melaporkan kegiatan Ramdhan 1440H dilaksanakan pada hari Senin tanggal1 3 Juni 2019 dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan dhuafa.

Kebahagiann jelas terpancar dari Aguser Malang Raya ketika meyerahkan santunan kepada yang berhak menerima.

Demikian laporan dari koresponden diberbagai DAC di Jawa Timur tentang aktivitas kegiatan Aguser Jawa Timur dalam mengisi bulan suci. Tentu hal ini selaras dengan salah satu misi AABI, yaitu “Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan sesama manusia hingga tercipta sesuatu yang bermanfaat bagi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya”.

Jayalah AABI Kita. Brotherhood In Harmony

#agusyaAABI

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.