Diantara Sang Waktu


(Refleksi Akhir Tahun)

AGUS.OR.ID. Wahai sang malam, aku melihat banyak sekawanan orang melintas, dalam kesunyian yang menghimpit pikiranku telah dikejutkan oleh dentuman sorak sorai kegembiraan.

Bunyi itu serasa menggangguku, tapi aku tertawa sendiri melihat tingkah kegirangan sekumpulan orang, dengan riuhnya bergembira ria menyambut sang fajar.

Mungkinkan itu pertanda kebahagian mereka, atau sebaliknya….
Atau jangan-jangan diantara tawa girangnya terbesit rasa kekecewaan yang mendalam, sampai-sampai meluap diantaranya.

Suara itu terus mengulang di telingaku, sehingga membangkitkan rasa hatiku untuk bertafakur, berdo’a kepada sang pemilik hati ini, semoga apa yang mereka rasakan saat ini juga dirasakan oleh orang-orang yang sedang mengalami cobaan, dengan cara yang berbeda tentunya.

Semakin lama semakin menjadi-jadi suara itu…wahai sang malam…. Apakah ini satu pertanda baik atau buruk? Ah…mungkin hanya pikiranku saja, semoga saja demikian.

Dalam duduki ini hanya bisa terdiam, aku merefresh kembali apa yg telah aku lakukan setahun yang lalu, atau seumur hidupku di dunia, apakah semua itu dapat menjadikan aku lebih baik di masa yang akan datang atau tidak, dan apakah ini juga dialami oleh orang-orang itu? Wallahu alam, semoga apa yang aku pikirkan saat ini menjadi buah manis bagiku, bagi mereka dan bagi orang-orang yang senantiasa bersyukur. Aamin ya rabbal’alamin.

__Gushall__

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.