Berita Produk Sekretariat Registrasi Konsul

Filosofi Silaturahmi

Table of Contents

Awas!! Jangan Jadikan Silaturahmi

sebagai Ajang Ghibah

Apa yang kalian ketahui dengan Silaturahmi Kata ini memang tidak asing di telinga kita, sering sekali kita mendengarnya dalam kehidupan sehari-hari. Tapi apa kita telah melakukannya? Silaturahmi berasal dari dua suku kata, yakni shirah dan Ar-Rahim. Shirah artinya hubungan, dan Ar-Rahim (yang jamaknya arham) berarti kerabat. Menurut saya, silaturahmi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, sekelompok orang atau lebih yang dilakukan dengan bertatap muka di suatu tempat yang di sengaja atau di rencanakan sebelumnya, kegiatan seperti ini bertujuan untuk menjalin suatu hubungan yang lebih akrab dan erat. Selain itu juga, silaturahmi dapat menjalin hubungan yang selama ini terputus antar kerabat atau saudara yang telah lama tidak bertemu menjadi suatu hubungan yang lebih dekat lagi dari sebelumnya, dengan kata lain silaturahmi dapat memperbaiki hubungan seseorang (kerabat) yang buruk atau jauh mejadi hubungan yang lebih dekat dan baik lagi.

Tahukah kalian, bahwa silaturahmi memiliki banyak sekali manfaat bagi diri kita, apa saja manfaat tersebut?

1. Rezeki yang di luaskan oleh Allah SWT

2. Dipanjangkan umurnya

3. Terciptanya kerukunan dalam berkeluarga

4. Khusnul khatimah

5. Sebagai kunci masuk syurga

Berikut penjelasan yang di kuatkan dengan hadist-hadist yang berkaitan dengan silaturahmi :

“Barang siapa yang ingin di luaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan (melakukan) silaturahmi”. (HR. Muslim)

“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk , maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi”. (HR Imam Bazar, Imam Hakim)

“Belajarlah dari nenek moyangmu bagaimana caranya menghubungkan rahim-rahim itu, karena silaturahmi menimbulkan kecintaan dalam keluarga, meluaskan rezeki, dan menunda kematian”. (HR. Imam Tirmidzi)

“Tidak akan masuk syurga orang yang memutuskan hubungan silaturahmi”. (HR. Imam Muslim)

MasyaAllah bukan? Manfaat silaturahmi bukan hanya dirasakan saat kita masih hidup, akan tetapi dapat kita rasakan pula ketika kita sudah tidak bernyawa lagi. Akan tetapi, kegiatan ini rentan sekali dengan dosa yang tercipta pada saat kita melakukan silaturahmi. Kegiatan berkumpulnya dua orang atau lebih, sekelompok orang atau lebih ini rentan akan perbuatan ghibah. Ghibah (menggosip) adalah kegiatan dua orang atau lebih yang didalamnya terjadi pembicaraan atau kegiatan yang tidak baik, salah satu contohnya adalah membicarakan keburukan orang lain. Bahkan lebih parahnya lagi apabila apa yang mereka ghibahkan tidak ada pada orang yang di ghibahi. Naudzubillahimindzaliq..

“Janganlah kalian menggunjingkan satu sama lain. Apakah salah seorang dari kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Bertaqwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu Tawwab (maha penerima taubat) lagi Rahim (maha menyampaikan rahmat)”. (QS Al-Hujurat : 12)

Dengan dalil diatas, masihkan kalian akan melakukan ghibah? Tidaklah kalian jijik apabila memakan daging saudaramu yang telah mati? Mungkin tanpa kita sadari, ghibah juga akan muncul ketika kita sedang berbicara tanpa kita sadari sebelumnya. Maka hati-hari dengan lisan (ucapan) kita yang terkadang dapat menyakiti diri kita sendiri kelak. Yaps seperti pepetah mengatakan “Mulutmu Harimaumu”.

Agar terhindar dari ghibah, sebaiknya silaturahmi diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menarik dan positif, seperti pengajian bersama, tausiyah (ceramah agama), dan jangan lupa juga untuk saling mengingatkan dalam melakukan sesuatu hal yang tidak baik.

Alhamdulillah..... semoga apa yang telah saya tulis bisa bermanfaat, mohon maaf apabila dalam tulisan ini banyak sekali kekurangan bahkan jauh dari kata sempurna JJ

@Blogger @sitiliayuliana

www.agus .or .id gus popo filosofi
BACA JUGA:  5 Tips Untuk Agusers Bertahan Melawan Omicron
Team Support Agus Agus Bersaudara Indonesia Siap Membantu Anda, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami