Home Aktifitas AABI AABI Terus Ramaikan Car Free Day
Aktifitas AABI - Motivasi - Serba Serbi - 21 January 2020

AABI Terus Ramaikan Car Free Day

MADIUN. AGUS.OR.ID.  Car Free Day (CFD) pada awalnya adalah sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar di seluruh dunia yang disebabkan oleh kenderaaan bermotor.  Mengutip situswww.carfreedayindonesia.org bermula pada tanggal 25 November 1956, Belanda melaksanakan Car Free Day setiap hari Minggu, kemudian Francis pada tahun tahun 1995 melaksanakan pesta prjalan untuk merayakan acara tersebut. Inilah perjalanan panjang sejarah kegiatan Car Free Day , yang pada akhirnya kegiatan ini diperingati setiap tanggal 22 September di seluruh dunia.

Kegiatan Car Free Day pertama kali dilaksanakan di Indonesia tahun 2001 di Jl Imam Bonjol yang saat itu dilakukan penutupan jalan setelah beraudiensi dengan pihak kepolisian dan diputuskan oleh Irjen Pol Djoko Susilo untuk melakukan penutupan jalur sudirman – Thamrin dan pada saat hari bumi dan dilanjutkan tanggal 22 September 2002 yang berlangsung dengan sukses, dimana pada saat itu KPBB dan para aktifis lingkungan hidup bersama masyarakat mengkampanyekan penghapusan penggunaan bensin bertimbel.

Saat ini kegiatan CFD tidak saja diadopsi dan dilaksanakan di kota-kota besar saja, namun sudah hampir merata diseluruh kota pelosok tanah air. Fungsinya pun bukan lagi sekedar mengurangi tingkat pencemaran udara, namun lebih luas lagi, yaitu berolahraga bersama, rekreasi, pentas seni dan budaya, sarana promosi, dan bahkan tidak segan-segan gelar lapak untuk memasarkan berbagai produk barang dan jasa. Tidak heran apabila sebagian warga masyarakat telah mengalokasilan waktunya bersama keluarga untuk bisa menikmati suasana CFD di daerah masing-masing.

Agus Agus Bersaudara Indonesia (AABI) sebuah organisasi komunitas dan/atauperkumpulan sosial kemasyarakatan yang mengedepankan rasa persaudaraan yang kuat, tidak mau ketinggalan ikut meramaikan CFD diberbagai kota. Aguser di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Madiun, Semarang dan kota-kota lainnya di Indonesia begitu antusias mempromosikan AABI di arena CFD. Berbagi kegiatan positif dan bermanfaat digelar, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, jalan sehat bersama, peduli lingkungan, dan lain sebagainya.

Melihat fenomena itulah, bidang organisasi, pendidikan, pelatihan dan pengembangan Dewan Agus Pusat (DAP) dalam salah satu program kerjanya untuk memperbanyak perekrutan Agus dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan, baik DAP, DAD dan DAC seperrti dalam kegiatan Car Free Day di daerah-daerah.

Program ini mendapat sambutan hangat dan terus dilaksanakan secara rutin diberbagai daerah di Indoneisa. Jayalah selalu AABI. (gusnug)

Pengurus AABI terus ramaikan dan sosialisaikan organisasi di arena Car Free Day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.