Webinar Seri 1: Aspek Hukum HKI Dalam Pemberdayaan UMKM

AGUS. OR. ID. Dewan Agus Pusat Agus Agus Bersaudara Indonesia menggelar Seminar Virtual atau istilah lain Webinar, Sabtu 26/6/2020 yang diikuti oleh 23 orang peserta dari sekitar 84 orang yang mendaftar, baik dari unsur anggota maupun non anggota, yang bernama Agus maupun Non Agus, pelaku UMKM dan non UMKM. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja bidang Ekoha AABI dalam pemberdayaan usaha masyarakat, webinar seri 1 ini digelar dalam masa pandemi Covid-19 dengan segala keterbatasan ya, namun dapat berjalan dengan baik.

AABI adalah salah satu wadah/Perkumpulan di bidang sosial kemasyarakatan, telah banyak hal baik yang dilakukan oleh AABI diseluruh Nusantara. Mulai dari tanggap bencana, bantuan sosial, donor darah, konservasi lingkungan, pemberdayaan ekonomi/usaha anggota, kerjasama dengan berbagai lembaga baik pemerintahan maupun swasta. Bukan sekedar kumpul2, namun berbagai kegiatan tersebut alhamdulillah Sudah berjalan dengan baik, walaupun masih banyak kekurangan dan serba keterbatasan.

Semua itu tak lain adalah sebagai bentuk kepedulian AABI terhadap Negeri yang kita Cintai, yaitu Indonesia.

Slogan AABI dengan kalimat *BROTHERHOOD IN HARMONY * menjadi nyawa bagi kemajuan AABI. Salah satunya kegiatan yang saat ini kita laksanakan adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap kita sekalian, terutama bagi pelaku UMKM maupun yang berniat usaha dalam kegiatan sehari2 sebagai bentuk kewajiban kita dalam penghidupan. Demikian diungkapkan Ketua Umum AABI adalah salah satu wadah/Perkumpulan di bidang sosial kemasyarakatan, telah banyak hal baik yang dilakukan oleh AABI diseluruh Nusantara. Mulai dari tanggap bencana, bantuan sosial, donor darah, konservasi lingkungan, pemberdayaan ekonomi/usaha anggota, kerjasama dengan berbagai lembaga baik pemerintahan maupun swasta. Bukan sekedar kumpul2, namun berbagai kegiatan tersebut alhamdulillah Sudah berjalan dengan baik, walaupun masih banyak kekurangan dan serba keterbatasan. Semua itu tak lain adalah sebagai bentuk kepedulian AABI terhadap Negeri yang kita Cintai, yaitu Indonesia.

Slogan AABI dengan kalimat BROTHERHOOD IN HARMONY menjadi nyawa bagi kemajuan AABI. Salah satunya kegiatan yang saat ini kita laksanakan adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap kita sekalian, terutama bagi pelaku UMKM maupun yang berniat usaha dalam kegiatan sehari2 sebagai bentuk kewajiban kita dalam penghidupan. Demikian diungkapkan Ketua Umum AABI dalam sambutan pembukaan Webinar.

Ada dua pembahasan dalam seminar kali ini dengan tema :
Pertama, HKI dalam pemberdayaan UMKM yang dibawakan oleh Narasumber Agus Candra S P, S. H, beliau merupakan salah satu Pengurus bidang Legal dan Bantuan Hukum DAP AABI, beliau adalah seorang
Advokat, Konsultan Hukum, Praktisi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Dosen Tamu di bidang HKI.

Kedua, Aspek Hukum HKI, sebagai narasumber yaitu Nama : AGUS RIHAT P. MANALU, S.H., M.H., C.L.A, beliau adalah Koordinator Bidang Legal dan Bantuan Hukum DAP AABI juga berprofesi sebagai Advokat, Konsultan Hukum dan Auditor Hukum, Agus Rihat P. Manalu mempunyai pengetahuan, pengalaman, kemampuan bernegosiasi dan relasi luas dalam penyelesaian sengketa bisnis, perlindungan konsumen, pertanahan, HAKI, ketenagakerjaan, litigasi pidana dan perdata, mereview kontrak bisnis dan audit dokumen hukum.

Kedua narasumber menyampaikan beberapa hal yang kaitannya dengan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi pelaku usaha dilihat dari aspek hukum ketatanegaraan, begitu pentingnya HKI sebagai identitas usaha terutama bagi pelaku usaha, dengan kepastian hukum HKI dapat menjadi bahan promosi yang baik bagi produk yang dimiliki oleh pelaku usaha, sehingga apa yang menjadi hak usaha seseorang, badan atau lembaga dapat terjamin sebagai identitas yang melekat pada usaha yang dimiliki, dan tidak bersengketa dengan orang lain.

Dari penjelasan narasumber juga memberikan beberapa contoh label atau merk dagang usaha lain yang sudah mempunyai HKI dan ini sebagai contoh dan motivasi bagi seluruh peserta, juga para peserta ada beberapa pertanyaan baik seputar HKI tersebut dan persoalan lain mengenai ijin dagang dsb.

Di penghubung kegiatan, ada beberapa kuiz sederhana dari narasumber kepada peserta baik seputar HKI maupun seputar AABI, sebagai apresiasi jawaban yang paling benar dan cepat dengan disediakan doorprize berupa Power Bank dan alat tes Gula Darah hasil sumbangan dari anggota AABI. (Red) Gushall

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.